5 Alasan Licik Anda Tiba-tiba Mengalami Ketombe

5 Alasan Licik Anda Tiba-tiba Mengalami Ketombe | Sepertinya tidak bisa mengguncang serpihan putih sial itu? Ada banyak faktor yang harus disalahkan atas flare-up, dari apa yang Anda makan hingga seberapa sering Anda mencuci rambut.
5 Alasan Licik Anda Tiba-tiba Mengalami Ketombe
5 Alasan Licik Anda Tiba-tiba Mengalami Ketombe

Mengapa Anda memiliki ketombe: Anda sensitif terhadap jamur alami rambut Anda


Hah?! Bertentangan dengan kepercayaan umum, ketombe tidak disebabkan oleh kulit kering. Penyebab sesungguhnya: Pertumbuhan berlebih dari ragi umum yang disebut pityrosporum orbiculare. Ragi memakan minyak kulit, yang mungkin menjelaskan mengapa orang-orang dengan kulit kepala berminyak lebih rentan terhadap ketombe.

"Beberapa orang membuat minyak yang sangat mungkin untuk melindungi organisme ini, dan mereka mendapatkan ketombe dengan mudah," kata Dr. Robert T. Brodell, profesor dan ketua di departemen dermatologi di University of Mississippi Medical Center. Biasanya, kasus ketombe ringan akan merespon pada perawatan sendiri, jadi berikan pengobatan rumahan untuk ketombe atau sampo ketombe yang dijual bebas selama dua minggu untuk bekerja.

Mengapa Anda ketombe: Anda stres


Ketombe mungkin merupakan petunjuk bahwa Anda perlu rileks . “Stres dapat memperburuk kondisi kulit apa pun,” kata dokter kulit yang berbasis di New York City Lotika Singh. Stres merusak sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat memicu flare-up ketombe.

"Terutama dalam kasus di mana ketombe terasa gatal," kata Singh. "[Stres] dapat melanggengkan siklus awal-gatal: Semakin banyak pasien tergores, semakin gatal-gatalnya."

masukkan teknik relaksasi ke dalam rutinitas harian Anda. Cobalah yoga, jalan kaki setiap hari, atau napas dalam-dalam (tarik napas selama empat hitungan, tahan napas selama empat hitungan, buang napas selama empat hitungan).

Mengapa Anda memiliki ketombe: Anda tidak cukup keramas (atau membilas) rambut Anda


Para pendukung gerakan “tanpa kotoran” (tanpa sampo) mengatakan sering mencuci dapat menghilangkan minyak yang diperlukan rambut Anda . Tapi minyak itu juga bisa membuat sarang untuk serpihan.

"Ketombe dapat terjadi ketika ada penumpukan minyak / sebum atau keringat di kulit kepala," kata Dr. Brodell. "Mencuci rambut lebih sering dapat membantu mengurangi sebum dan mengendalikan ketombe serta gejalanya."

Pilihlah sampo dengan minyak pohon teh, yang telah ditunjukkan dalam penelitian untuk secara signifikan meningkatkan keparahan ketombe. Dan berhati-hatilah untuk membilas shampo secara menyeluruh: residu sisa dapat menciptakan tempat makan untuk pityrosporum orbiculare.

Mengapa Anda ketombe: Anda tidak makan dengan benar


Tidak terlalu mengejutkan bahwa rambut dan kulit yang sehat berasal dari dalam ke luar. Sementara para ahli tidak akan bertindak terlalu jauh untuk menyalahkan ketombe pada diet yang buruk, makanan tertentu dapat menyebabkan gejolak, terutama jika Anda sudah rentan terhadap ketombe.

"Diet tinggi lemak jenuh dan trans menyebabkan kelenjar sebaceous Anda menghasilkan lebih banyak minyak, yang membuat ketombe semakin buruk," kata dokter kulit Beverly Hills Stuart H. Kaplan kepada EverydayHealth.com .

Usahakan untuk mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih sehat, atau MUFA, jika memungkinkan. Sumber hebat termasuk alpukat, kacang-kacangan, zaitun, dan minyak safflower. Terlalu sedikit vitamin B kompleks, yang mengandung biotin, nutrisi yang membentuk dasar sel-sel rambut, dapat memperburuk gejala juga. Muat pada makanan kaya vitamin B seperti oatmeal, nasi, telur, dan pisang.

Mengapa Anda ketombe: Rambut Anda terlalu ditata


Menggunakan pomade tebal atau minyak tertentu berpotensi memperburuk ketombe . “Ragi memberi makan lemak dan dapat berkembang biak di hadapan mereka,” kata Dr. Singh. Kurangi semprotan rambut, gel styling, dan mousses jika memungkinkan. Produk penataan rambut ini dapat menumpuk di rambut dan kulit kepala Anda dan menyebabkan sifat manis mulut.

Histats