Rambut Rontok Wanita: Haruskah Anda Khawatir?

Rambut Rontok Wanita: Haruskah Anda Khawatir? | Apa yang perlu diketahui setiap wanita tentang kerontokan rambut wanita
Rambut Rontok Wanita: Haruskah Anda Khawatir?
Rambut Rontok Wanita: Haruskah Anda Khawatir?

Sekilas tentang Rambut Rontok Wanita


Drone Chrome. Horseshoe. Sementara kebotakan pola pria tidak kekurangan kesadaran - bahkan jika itu dilakukan melalui para pejalan kaki yang malang seperti ini - itu adalah topik kesehatan yang menerima sedikit atau tidak ada pengakuan publik untuk wanita.

Sebagian besar dari kita terbiasa dengan sedikit penumpahan di kamar mandi atau pada sikat kami. Canadian Dermatology Association (CDA) yang berbasis di Ottawa memperkirakan bahwa kita kehilangan sekitar 100 dari 100.000 rambut kita setiap hari, tetapi menambahkan bahwa ini benar-benar normal dan sebagian besar akan tumbuh kembali.

Kapan mulai khawatir


Yang lebih mengkhawatirkan adalah patch botak atau pelebaran bagian Anda. "Diperkirakan 30 persen wanita di atas usia 40 dan 45 persen wanita pasca-menopause menderita kerontokan rambut," kata Dr. Vincent Durosier, manajer urusan medis untuk Ducray Dermatological Laboratories di Toulouse, Prancis. Inilah yang terjadi di atas kepala kita.

Ketika datang untuk menumbuhkan kunci kami, rata-rata, kami menumbuhkan sekitar setengah inci rambut setiap bulan, tetapi Dr. Durosier mengatakan itu tumbuh secara terputus-putus. Itu berarti bahwa tidak semua 100.000 folikel rambut tersebut menumbuhkan rambut pada saat yang sama - pada kenyataannya, setiap rambut tumbuh di kepala kita dan tinggal di sana selama sekitar tiga sampai enam tahun sebelum rontok.

Pilihan Perawatan Untuk Wanita Yang Mengalami Kerontokan Rambut


Jika Anda memperhatikan kerontokan rambut, perhentian pertama Anda haruslah dokter keluarga Anda. Menurut Dr. Jeff Donovan, seorang dokter kulit dengan kantor di Toronto dan Vancouver, ada sejumlah penyebab umum, termasuk perubahan berat badan, stres dan kekurangan zat besi , tiroid atau nutrisi.

Ada banyak pilihan untuk membantu menumbuhkan kembali rambut Anda.


Perawatan topikal


Minoxidil, juga dikenal sebagai Rogaine, adalah perawatan cairan topikal yang diterapkan langsung ke kulit kepala Anda dan kemungkinan merupakan garis pertahanan pertama bagi mereka yang didiagnosis dengan penipisan rambut kronis. Namun, ini bukan perbaikan yang dijamin, kata Dr. Donovan. "Jika seseorang datang menemui saya dengan kerontokan rambut genetik, saya mungkin merekomendasikan minoxidil, tetapi saya tahu bahwa hanya sekitar 35 persen wanita yang disarankan untuk menggunakannya akan melihat peningkatan," katanya. Khususnya, itu juga membutuhkan enam hingga tujuh bulan sebelum pertumbuhan rambut akan terlihat.

Steroid topikal seperti clobetasol, fluocinonide, dan hidrokortison mungkin disarankan untuk kondisi kerontokan rambut lainnya, seperti alopecia areata dan masalah kerontokan rambut autoimun lainnya, tetapi ini bukan perawatan untuk kerontokan rambut genetik. Untuk efluvium telogen kronis, kerontokan rambut cenderung bersifat jangka pendek, dengan eksaserbasi sesekali, kata Dr. Durosier. "Dan manfaat sementara kadang-kadang dapat dicapai dengan steroid topikal," tambahnya.

Perawatan Non-Bedah


Terapi platelet-rich plasma (PRP) adalah pilihan lain untuk melindungi rambut Anda karena dirancang untuk merangsang pertumbuhan daripada menghentikan kerontokan rambut. "Ini adalah perawatan di mana kami menggunakan darah pasien sendiri dan faktor pertumbuhan dalam darah mereka untuk merangsang pertumbuhan rambut," kata Dr. Donovan. Darah diambil dan diputar sehingga plasma dipisahkan dan kemudian dimasukkan kembali ke kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan kembali rambut.

Pilihan non-bedah tambahan termasuk perawatan laser tingkat rendah, di mana laser digunakan untuk memicu pertumbuhan rambut dengan merangsang aliran darah ke kulit kepala dan mendorong folikel rambut agar tumbuh kembali. Anti-androgen, atau pil penghambat hormon, seperti spironolactone atau finasteride (Propecia), dan bahkan kontrasepsi oral dapat membantu memperlambat - dan mungkin menghentikan - kerontokan rambut. Semua ini menghalangi hormon testosteron, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa wanita karena rambut mereka sensitif terhadap androgen.

"Suplemen nutrisi efektif untuk beberapa kondisi," kata Dr. Durosier. "Pertama, kita harus memastikan bahwa rambut rontok bukan karena kekurangan zat besi atau ketidakseimbangan hormon." Jika masalah kekurangan zat besi, maka suplemen akan direkomendasikan. Suplemen vitamin D juga dapat membantu.

Nutrisi yang tepat adalah penting. "Orang dengan zat besi dan seng rendah dapat mengalami kerontokan rambut yang berlebihan," katanya. "Sementara orang biasanya kehilangan 50 hingga 100 rambut setiap hari, individu dengan zat besi atau seng yang rendah dapat mengalami tingkat kerontokan rambut yang jauh lebih besar." Seiring dengan seng, mineral silika juga sangat penting. “Sumber makanan silika yang hebat termasuk mentimun , mangga, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, seledri, stroberi, dan asparagus,” kata Jenn Pike, ahli gizi holistik di Keswick, ON.

Dia menunjuk ke studi double-blind, terkontrol plasebo yang dilakukan pada tahun 2007 oleh Universitas Cincinnati di mana 48 wanita diberi 10 miligram silika bioavailable setiap hari atau plasebo selama sembilan bulan. Meskipun penelitian ini kecil, para peneliti menyimpulkan bahwa para wanita yang memakai silika memiliki rambut yang lebih tebal dan peningkatan pertumbuhan karena meningkatnya elastisitas dan kekuatan tarik.

Dan jangan lupa tentang makanan kaya seng. "Bagi mereka, ada biji labu, tiram segar, kacang brazil, telur organik dan pecan," tambahnya.

Histats