Berikut 10 Cara Membersihkan Layar Laptop yang Mudah Diterapkan

Saat hendak membuka laptop untuk bekerja atau mengerjakan tugas-tugas, seringkali laptop yang akan kita gunakan cukup kotor dan berdebu. Bagi sebagian orang, hal tersebut membuat tidak nyaman. Maka dari itu kamu perlu membersihkannya, utamanya bagian layar laptop.

Mouse, keyboard, dan internal komputer cenderung dirawat secara relatif teratur. Tetapi layar laptop sering dibiarkan hingga debu menumpuk dan bahkan menempel beberapa kotoran lainnya. Walaupun tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang, tapi kotoran atau debu pada layar laptop bisa sangat mengganggu saat mengerjakan sesuatu. Membersihkan layar laptop sebenarnya tidak sulit. Tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka dapat berpotensi merusak kinerjanya. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui metode pembersihan apa saja yang dibutuhkan layar laptopmu dan alat apa yang dapat kamu gunakan untuk membersihkannya. Berikut adalah beberapa cara membersihkan layar laptop dengan mudah.



1. Persiapkan Alat dan Bahan
Sebelum mulai membersihkan layar laptop, pastikan kamu sudah membeli alat dan bahan yang dibutuhkan. Karena untuk benar-benar membuat layar laptopmu bersih, kamu membutuhkan alat dan bahan khusus. Sebenarnya kamu tidak perlu membeli banyak barang, kamu hanya butuh semprotan pembersih laptop dan kain microfiber. Jika kamu kesulitan mencari kedua barang tersebut, jangan khawatir karena kamu juga dapat membersihkan layar laptop dengan produk yang ada di rumah. Mulailah membuat pembersih sendiri dengan menggunakan cuka putih, alkohol, dan air.
Sebaiknya jangan menggunakan tisu apapun. Sebagai gantinya, pilihlah kaos katun atau saputangan. Selain itu alternatif yang aman lainnya adalah handuk kecil.


2. Matikan Laptop
Hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memoles laptopmu adalah mematikannya. Pastikan laptop kamu sudah dimatikan, cabut adaptor daya dan baterainya. Karena jika kamu membersihkannya sembari digunakan, hal itu dapat menyebabkan kerusakan permanen. Jadi supaya aman, matikan laptop kamu dan jangan hanya dialihkan ke mode Sleep. Selain itu, jika layar laptopmu dibersihkan dalam keadaan hidup, kemungkinan terjadinya masalah pada piksel bisa terjadi. Oleh karena itu, matikan laptop agar pekerjaanmu menjadi lebih mudah.

3. Gunakan Kain Microfiber untuk Debu yang Ringan
Jenis kain yang sering digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dan kamera ini merupakan kain yang sangat lembut dan tidak akan menggores layar laptopmu. Walaupun bahan kain lainnya dapat membersihkan juga, tetapi serat mikro adalah pilihan terbaik untuk layar laptop.

Hal itu karena kain microfiber memang dirancang untuk membersihkan debu dan serpihan tanpa merusak permukaan. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu usapkan dan tekan layar dengan lembut, bersihkan dalam satu arah. Jangan menggosok dan mengusapnya secara melingkar karena dapat menyebabkan kerusakan pada layar laptop. Selain itu, jangan menekan terlalu keras karena dapat merusak layar. Kemudian lanjutkan dengan menyeka layar hingga bebas debu.

4. Gunakan Spons untuk Debu yang Berat
Mungkin kamu memiliki laptop yang jarang dipakai dan tiba-tiba teringat untuk membersihkannya. Tentunya laptop yang didiamkan dalam waktu lama akan mengumpulkan banyak debu. Membersihkan layar laptop dengan debu yang berat membutuhkan sesuatu yang sedikit lebih ampuh daripada microfiber yang tipis. Untuk kasus seperti ini, sebaiknya kamu gunakan spons yang masih baru, bersih, dan basah. Gunakan air mengalir lalu peras spons agar lembab.
Kemudian usap layar dengan lembut dan biarkan mengering sebelum digunakan lagi. Gunakan microfiber untuk mengelap sisa nodanya. Sebelum menggunakannya, tunggu layar hingga benar-benar kering.

5. Gunakan Penyemprot untuk Minyak dan Sesuatu yang Lengket
Jika kamu menemukan noda minyak dan sidik jari, hal tersebut bisa cukup sulit untuk dihilangkan. Jika menggunakan kain microfiber dan spons basah tidak mampu membersihkan noda tersebut, maka kamu bisa menggunakan larutan pembersih botolan atau membuatnya sendiri.
Kamu bisa membeli semprotan pembersih layar di toko. Namun, jika hendak membuatnya sendiri, kamu memerlukan campuran air dan cuka putih. Sebagai alternatif, gunakan air yang sama dan alkohol dengan persentase yang cukup. Produk-produk ini dapat digunakan untuk membersihkan layar laptop tanpa merusaknya. Untuk menggunakannya, pertama-tama aplikasikan larutan ke kain mikrofiber. Pastikan kainnya menjadi lembap, tapi jangan terlalu basah. Selanjutnya gunakan kain microfiber tersebut untuk menggosok layar laptop, usap dengan lembut di atas area yang kotor.
Ulangi seperlunya dan biarkan mengering sebelum melakukannya lagi. Perlu diingat bahwa kamu harus menghindari penggunaan segala jenis cairan pembersih kaca. Kamu juga tidak boleh menyemprotkan sesuatu secara langsung pada layar laptop. Tunggu layar hingga benar-benar kering sebelum siap menggunakannya.

6. Gunakan Cara yang Berbeda untuk Laptop Touchscreen
Jika kamu memiliki laptop dengan layar touchscreen, kamu memerlukan cara pembersihan yang sedikit berbeda dari laptop biasa. Itu karena perangkat ini menarik lebih banyak minyak dan debu daripada layar laptop biasa. Layar laptop touchscreen dibersihkan dengan cara yang sama seperti tablet dan smartphone. Setelah perangkat dimatikan, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber. Usap layar dengan lembut secara horizontal atau vertikal dalam satu arah secara berulang. Misalnya, mulai dari sisi kiri layar dan usap lurus ke sisi kanan layar. Selanjutnya, gerakkan kain sedikit lebih rendah dan ulangi proses ini untuk membersihkan seluruh layar. Jika perlu, gunakan sedikit air tanpa sabun untuk membuat sudut kain agak lembab. Gunakan bagian kain yang lembab untuk membersihkan layar dengan cara yang sama. Lalu bersihkan layar dengan bagian kain mikrofiber yang kering dari untuk mengeringkannya. Lalu biarkan sisa air di layar mengering sendiri. Jangan terlalu keras saat mengeringkannya dengan kain.

7. Gunakan Udara Terkompresi
Jika layar laptop kamu hanya terkena debu yang ringan, pertimbangkan untuk membersihkannya menggunakan produk udara terkompresi. Ini adalah udara yang disimpan di bawah tekanan yang lebih besar dari tekanan atmosfer.
Produk ini biasanya digunakan untuk alat-alat listrik, seperti palu udara, bor, kunci pas dan lainnya. Jadi, daripada kamu repot menggunakan larutan pembersih, spons, dan kain, kamu bisa menggunakan benda ini. Tapi ingat, jangan menempelkan nozzle ke segel atau area pemisah, karena tekanannya dapat membahayakan.

8. Gunakan Cara yang Berbeda untuk Laptop Model Lama
Jika kamu masih memiliki komputer atau laptop model lama yang memiliki monitor Cathode Ray Tube (CRT), kamu dapat membersihkannya dengan cara yang berbeda dari laptop biasa. Caranya gunakan kain microfiber dan cairan pembersih layar. Bahkan kamu juga bisa menggunakan pembersih kaca untuk laptop dengan jenis layar ini. Mulailah mengelap dengan kain dan cairan pembersih sembari menutup kasing yang berdebu. Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih layar ke kain microfiber, usap layar dengan garis lurus. Jika kainnya mengering, kamu bisa menyemprotkan lagi sedikit cairan pembersih.

9. Gunakan Penghisap Debu Portable
Kamu juga bisa menggunakan penghisap debu portable untuk menyedot kotoran, debu, atau rambut di sekitar layar laptopmu. Namun, jangan gunakan penghisap debu yang dicolokkan langsung ke sumber daya karena dapat menciptakan banyak listrik statis yang dapat merusak laptop kamu. Maka dari itu, gunakan penghisap debu portable supaya aman.
Caranya pun hampir sama dengan cara-cara sebelumnya. Matikan laptopmu terlebih dahulu, lalu langsung dekatkan penghisap debu portable ke layar laptop dan bersihkan hingga debu benar-benar menghilang.

10. Gunakan Kain Katun Penyeka
Kamu juga bisa menggunakan kain katun penyeka yang sudah dibasahi dengan alkohol atau air. Benda ini adalah alat yang sangat bagus untuk menyeka debu di layar laptopmu. Caranya basahi sedikit kain katun penyeka dengan alkohol dan gosokkan secara perlahan ke layar laptop. Kemudian usap berulang-ulang hingga debunya benar-benar hilang. Pastikan kain katun penyeka yang kamu gunakan itu dalam keadaan lembab dan tidak basah.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan layar laptop yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

Histats